WordPress Editor Baru Pada WordPress Versi 5

Pada tanggal 6 Desember 2018 kemaren WordPress resmi merilis versi terbaru yaitu versi 5.0 yang membawa perubahan yang cukup signifikan diantaranya tentang cara menulis postingan pada WordPress Editor Baru.

WordPress Editor yang Baru ini menawarkan fitur WYSIWYG (What You See is What You Get) dengan tampilan yang jauh berbeda dengan Editor WordPress versi sebelumnya dengan menggunakan Classic Editor, nah tentunya ini merupakan tantangan baru bagi para webmaster pengguna WordPress untuk terbiasa dengan Editor yang baru.

Sebenarnya, beberapa bulan sebelum versi 5.0 ini dirilis, WordPress telah memperkenalkan Editor baru ini yang berbentuk plugin dengan nama Gutenberg, para pengguna WordPress telah dihimbau untuk memasang plugin Gutenberg ini untuk membiasakan diri sebelum dirilisnya WordPress Versi 5.0, hanya saja sebagian webmaster merasa lebih nyaman dengan Editor WordPress versi sebelumnya termasuk saya.

Solusi Kesulitan Dengan WordPress Editor Baru

Seperti yang kita ketahui bahwa pada WordPress Versi 5.0 sama dengan Plugin Gutenberg pada versi sebelumnya, sehingga banyak dari webmaster yang merasa kesulitan atau belum terbiasa.

Adakah solusi untuk mengatasi kesulitan bagi webmaster yang merasa kesulitan untuk menggunakan Editor versi Gutenberg ini?

Kesulitan Dengan WordPress Editor Baru

 

WordPress memahami kesulitan sebagian webmaster, untuk itu secara official WordPress telah mengeluarkan Plugin bernama Classic Editor untuk mengembalikan Editor Post pada versi semula, namun demikian anda masih bisa menggunakan versi Editor terbaru karena pada dashboard editor post disediakan fasilitas switch untuk memilih apakah akan menggunakan Classic Editor atau versi Gutenberg (Block Editor).

Dengan Plugin Classic Editor anda sebagai webmaster dapat:

  • Administrator dapat memilih editor default untuk semua user
  • Administrator bisa mengizinkan user untuk memilih editor default
  • Jika diizinkan, setiap user bisa memilih editor mana yang akan digunakan sebagai default pada setiap post.
  • Setiap post akan terbuka pada editor terakhir digunakan, tanpa melihat siapa yang mengedit terakhir kali.

Classic Editor Setting

Walaupun demikian, anda harus segera membiasakan diri dengan Block Editor yang baru karena secara official plugin ini akan hadir hingga tahun 2022 saja.