Apa Itu Error 404 Pada WordPress

Sebelum membahas Cara Mengatasi Error 404 Pada WordPress paragraf ini sebagai pendahuluan, WordPress adalah salah satu CMS yang sangat powerful dan banyak diminati oleh para webmaster, karena selain mudah untuk digunakan juga banyak pilihan theme dan plugin yang bisa diinstall secara bebas sesuai kebutuhan website anda, WordPress bukan hanya CMS berbasis blog, akan tetapi bisa di customize sesuai keperluan seperti landing page, company profile bahkan bisa dibuat sebagai website e-commerce atau toko online.

Walau demikian, bukan berarti WordPress adalah CMS yang tidak memiliki masalah, tentunya semua CMS memiliki masalah tersendiri ketika anda salah dalam melakukan update atau sistem anda yang tidak mendukung untuk menjalankan WordPress pada sistem anda.

Cara Mengatasi Error 404 Pada WordPress

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada kebanyakan website berbasis WordPress adalah Error 404 pada setiap postingan, terutama ketika anda baru memindahkan website anda dari satu hosting ke hosting lainnya atau baru memindahkan website anda dari local host komputer anda ke server anda, bisa juga Error 404 ini disebabkan oleh konflik antar plugin atau plugin dengan theme sehingga terkadang anda mendapati website anda baik-baik saja kemaren dan hari ini anda mendapati error 404.

Lalu apa itu Error 404, atau 404 Not Found dan bagaimana Cara Mengatasi Error 404 Pada WordPress? Error ini disebabkan oleh dua keadaan baik itu halaman atau URL yang dituju memang tidak ada atau telah terhapus dan kemungkinan kedua URL yang dituju masih ada pada website anda hanya saja browser tidak dapat menuju ke lokasi URL tersebut dikarenakan permission atau masalah pada permalink (Browser tidak bisa membaca permalink pada website anda).

2 Cara Mengatasi Error 404 Pada WordPress

Cara Mengatasi Error 404 pada WordPress tentunya lebih mudah ketika anda memahami apa penyebab dari Error 404 atau 404 not found pada website anda, apakah karena URL yang terhapus atau masalah pada permalink yang tidak bisa terbaca oleh browser walaupun postingan anda itu ada pada dashboard WordPress.

Pada masalah yang pertama yaitu URL yang terhapus ditandai dengan hanya URL tersebut saja yang tidak bisa diakses sementara URL lainnya masih bisa di akses, maka tidak ada jalan lain selain membuat ulang postingan atau jika anda memiliki backup, install ulang backup anda atau import backup website anda.

Ketika anda memeriksa postingan anda pada dashboard wordpress dan ternyata postingan anda masih ada, anda tidak perlu khawatir karena konten website anda tidak hilang, hanya butuh beberapa step untuk mengatasinya, berikut 2 step yang perlu anda lakukan, dan tidak mesti keduanya harus dilakukan, bisa jadi hanya satu permasalahan saja.

Cek File .htaccess Untuk Mengatsi Error 404

File .htaccess adalah file konfigurasi yang digunakan sebuah web server (Apache, Nginx, Litespeed) untuk mengeksekusi beberapa fungsi seperti redirection, Image Hotlink Prevention atau konten terpassword. File ini sebenarnya file tersembunyi, pada pengguna cPanel harus disetting agar bisa melihat file .htaccess ini, File Manager >> Setting pada pop up preference pilih Home Directory dan centang pada bagian Show Hidden Files (dotfiles) lalu save.

Show Hidden File cPanel

Pada instalasi awal atau bawaan WordPress, file .htaccess ini berisi kode sebagai berikut:


# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>

# END WordPress

Jika anda tidak menggunakan cPanel dan hanya tergantung pada akses SSH, anda bisa mengecek keberadaan file ini dengan mengeksekusi command line berikut:


nano .htaccess

Jika nano editor menunjukkan halaman kosong, maka file .htaccess tidak ada, untuk memperbaiki .htaccess, kita akan bagi kedalam 2 case sebagai berikut:

Case 1

Pindah Hosting dan di cek bahwa file .htaccess tidak ada pada hosting baru, maka anda bisa melakukan hal sebagai berikut:

  1. Copy file .htaccess dari server lama ke server baru / dari hosting lama ke hosting baru.
  2. Buat file .htaccess yang baru jika file .htaccess lama tidak bisa anda backup

Untuk poin no.2 anda bisa melakukannya dengan cara simpel melalui dashboard WordPress, caranya masuk ke menu Pengaturan >> Permalink pilih permalink dan Simpan Perubahan.

Cara Membuat File HTACCESS

File.htaccess anda akan otomatis dibuat oleh WordPress, sekarang cek URL anda yang semula Error 404 seharusnya sudah tidak Error lagi.

Case 2

Website anda berjalan normal dan tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya semua URL ke konten website anda terjadi Error 404, hal ini bisa terjadi akibat dari konflik antar plugin atau plugin dengan theme, beberapa plugin melakukan perubahan pada file .htaccess seperti plugin security, cache, Plugin SEO, SSL dan yang lainnya, mungkin saja saat plugin ini melakukan modifikasi pada file .html terjadi kesalahan atau bahkan corrupt, coba langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Non aktifkan semua plugin
  2. Buat file .htaccess seperti pada Case 1 poin ke 2
  3. Aktifkan plugin satu per satu sambil anda tes hasilnya, sehingga anda tahu plugin mana yang menyebabkan Error 404 ini.
  4. Jika telah ditemukan, ulangi step 1 sampai 3 dan jangan aktifkan plugin yang mengakibatkan Error 404, pertimbangkan untuk mencari plugin alternatif.

Enable Rewrite_Module Pada Web Server

Jika langkah membuat dan memperbarui file .htaccess belum berhasil mengatasi error 404, coba anda ganti permalink WordPress anda pada permalink default yaitu Permalink Biasa, lalu Simpan Perubahan.

Pengaturan Permalink Biasa

Jika dengan pengaturan ini error 404 teratasi maka ada masalah pada server anda yaitu Rewrite_Module sedang disable, coba langkah berikut untuk Enable Rewrite_Module atau mod_rewrite:

Pada Pengguna Ubuntu 16.04 keatas gunakan command line berikut:


sudo a2enmod rewrite

Command Line diatas untuk mengaktifkan mod_rewrite, jangan lupa restart apache menggunakan


sudo systemctl restart apache2

Bagi pengguna Centos mod_rewrite telah aktif secara default, jika tidak aktif gunakan command line berikut:


sudo nano /etc/httpd/conf.modules.d/00-base.conf

Tambahkan atau uncomment (hapus tanda pagar) pada bagian yang berwarna merah berikut:

#
# This file loads most of the modules included with the Apache HTTP
# Server itself.
#
. . .
LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so
. . .

Restart apache dengan menggunakan command line:


sudo systemctl restart httpd

Sekarang cek semua URL konten website anda, seharusnya setiap URL anda sudah bekerja dengan baik.

Jika anda belum familiar dengan SSH silahkan membaca artikel kami: Cara Menggunakan Putty dan 10 Command Line SSH

Kesimpulan

Error 404 ini disebabkan bukan karena server yang sedang down melainkan disebabkan oleh ketidak mampuan browser membaca URL anda, bisa karena memang URL yang dimaksud telah terhapus atau karena masalah pada URL rewrite baik dari file .htaccess atau dari mod_rewrite webserver yang belum aktif atau enabled.

Troubleshooting terhadap Cara Mengatasi Error 404 Pada WordPress ini tentunya dilakukan dari yang lebih mudah dan mengacu pada case atau keadaan yang terjadi, kami berharap tutorial ini bisa membantu permasalahan Error 404 anda.