Tutorial Cara Install WordPress Menggunakan Softaculous Pada cPanel

Cara Install WordPress Menggunakan Softaculous merupakan cara termudah untuk menginstall WordPress karena anda tidak disibukkan lagi dengan membuat database dan user secara manual, download WordPress dalam bentuk zip dan mengekstrak ke server anda, dan setting konfigurasi agar berjalan pad domain anda.

Sebelum melangkah pada Cara Install WordPress Menggunakan Softaculous, kita mengenal terlbih dahulu apa itu Softaculous, Softaculous adalah software berupa script yang di install pada server dan terintegrasi dengan Hosting Control Panel seperti cPanel, DirectAdmin, Webuzo dan yang lainnya, Softaculous berfungsi untuk mempermudah webmaster untuk menginstall berbagai applikasi web atau CMS (Content Managemen System) seperti WordPress, Prestashop, AbanteChart, Joomla, blogs dan masih banyak lagi CMS yang bisa di install melalui Softaculous.

Persiapan Instalasi WordPress Menggunakan Softaculous

Sebelum anda menginstall WordPress melalui Script Softaculous, anda harus melakukan persiapan sebagai berikut:

  • Memiliki nama domain atau sub-domain, disini kami akan menggunakan sub-domain
  • Memiliki hosting yang telah terinstall Hosting Control Panel dan Softaculous
  • Mempunyai space yang cukup pada hosting anda
  • Menyiapkan username, password dan alamat email untuk login website anda

Langkah-Langkah Instalasi WordPress Menggunakan Softaculous

Sekarang kita melangkah pada Langkah-Langkah Instalasi WordPress Menggunakan Softaculous, berikut caranya:

Langkah Pertama Login cPanel

Login ke cPanel anda dengan username dan paswword yang diberikan oleh penyedia hosting, jika anda telah merubahnya anda harus menggunakan password yang baru

Login ke cPanel

Langkah Kedua Instalasi WordPress Melalui Softaculous

Scroll kebawah hingga pada bagian Softaculous Apps Installer, kemudian pada bagian Script klik WordPress.

Tutorial Cara Install WordPress Menggunakan Softaculous

Klik tombol Install Now.

Install WordPress

Kemudian pilih protocol dan domain dari menu dropdown, kosongkan In Directory jika anda ingin mengakses wordpress anda pada domain anda, wordpress akan di install pada public_html, jika anda ingin menginstall weordpress anda pada sub direktori seperti namadomain.com/wordpress anda harus memasukkan nama sub direktorinya yaitu /wordpress.

Untuk protocol silahkan pilih salah satu http”//, http://www, https://, https://www, untuk https pastikan anda telah memiliki sertifikat SSL.

Pilih Protocol dan domain

Scroll lagi kebawah pada bagian Site Setting, masukkan Site Name, Site Description, Admin Username, Admin Password dan Admin Email.

Site Setting

Site Name adalah nama website yang akan menjadi informasi bagi pembaca dan Search Engine mengenai website anda, isi dengan nama yang singkat saja seperti “Panduan Webmaster”

Site Description merupakan informasi tambahan yang memperjelas nama website anda, seperti “Tutorial Lengkap Webmaster Pemula” sehingga nantinya pada tampilan Search Engine akan muncul seperti Tutorial Lengkap Webmaster Pemula – Panduan Webmaster.

 

Pada bagian Admin Account anda harus mengisi Admin Username, Password dan Alamat Email, sebaiknya anda memilih username selain admin karena ini terlalu umum sehingga wordpress anda lebih mudah diretas, anda tidak bisa mengubah username setelah instalasi wordpress selesai. Pilih bahasa dari dropdown menu, sebaiknya gunakan bahasa sesuai konten website anda nantinya.

Account

Dibagian bawah ada pilihan untuk menginstall plugin dan theme, abaikan saja jika anda belum menentukan plugin mana saja yang akan anda install dan theme website yang akan anda gunakan, instalasi plugin dan theme bisa dilakukan setelah instalasi selesai melalui dashboard website anda.

Langkah berikutnya isi alamat email yang valid untuk mengirim detail instalasi wordpress, anda akan mendapatkan detail user dan password yang akan dikirim ke alamat email anda.

Install

Langkah Ketiga: Login WordPress Dashboard dan Lakukan Basic Setting

Untuk login ke dashboard website anda yang telah terinstall wordpress, anda harus mengetik namadomain.tld/wp-admin contoh panduanwebmaster.com/wp-admin, masukkan username dan password yang anda sediakan saat instalasi.

login wordpress

Setelah masuk, klik Tampilan >> Sesuaikan >> Indentitas Situs

Upload logo, isi judul situs, slogan dan upload icon website anda kemudian klik terbitkan, anda bisa mengatur warna, menu, widget dan pengaturan beranda dari sini.

Basic Setting

Selanjutnya kembali ke dashboard awal, klik Pengaturan >> Permalink, pilih permalink yang anda inginkan, saya lebih menyukai permalink namadomain.tld/%category%/%postname%/ dimana nantinya setiap link website anda akan memuat nama kategori dan judul postingan.

Permalink

Nah saya rasa cukup tutorial Cara Install WordPress Menggunakan Softaculous, selebihnya anda bisa coba-coba sendiri masing-masing menu yang anda pada dashboard wordpress.

Untuk WordPress terbaru versi 5.0 keatas menggunakan block editor untuk memposting artikel, jika anda merasa kesulitan menggunakan block editor ini, silahkan anda membaca Kesulitan Dengan WordPress Editor Baru (Gutenberg), Classic Editor Solusinya selamat mencoba.