Memahami 25 Istilah Webmaster

Bagi anda yang baru mengenal cara membuat website, anda perlu mengenal beberapa Istilah Webmaster yang penting dalam dunia webmaster, berikut beberapa istilah yang harus anda ketahui.

Istilah Yang Berkaitan Dengan Website

1. Webmaster

Webmaster adalah seorang pengelola website, dia bisa seorang admin atau freelance yang bertugas untuk mengelola sebuah website.

2. Nama Domain

Nama domain adalah sebuah nama unik atau alamat yang dimiliki oleh sebuah website, nama domain ini sebagai pengganti alamat IP sebuah website untuk mempermudah pengguna website untuk mengunjungi alamat website, contoh https://www.panduanwebmaster.com dimana panduanwebmaster adalah nama domain kami.

3. TLD

TLD adalah ekstensi sebuah domain dimana TLD ini kepanjangan dari Top-Level Domain dimana TLD ini ditulis setelah tanda dot (titik), Beberpa TLD yang umum seperti: .com, .net, .org, .co, .cc, .me, .blog dan masih banyak lagi TLD baru lainnya, ada juga jenis TLD yang berdasarkan Geo-location masing-masing negera seperti misalnya untuk Indonesia memiliki .id, .co.id, .web.id, .go.id, .sch.id.

4. CMS

CMS adalah kepanjangan dari Content Management System sebuah aplikasi website untuk memudahkan para webmaster dalam membuat dan mengelola website sehingga walaupun anda tidak bisa coding anda tetap bisa membuat website dengan bantuan CMS, ada banyak CMS yang tersedia baik berbayar maupun gratis, seperti wordpress, joomla, blogs, serendipity, prestashop, abante dan masaih banyak lagi.

5. HTML

HTML adalah kepanjangan dari Hypertext Markup Language, sebuah sistem yang terstandarisasi dalam menggunakan font, warna, efek link dan grafik pada sebuah halaman website.

6. WWW

WWW adalah kepanjangan dari World Wide Web yang biasanga ditulis sebelum nama domain disertai tanda titik (dot), website dengan www menunjukkan bahwa website anda bisa diakses dari seluruh penjuru dunia selama mereka terhubung dengan jaringan internet.

Istila Yang Berkaitan Dengan Server

7. Hosting

Hosting adalah layanan penyediaan server dimana anda menyimpan semua file website anda, hosting ini harus dimiliki seorang webmaster sebelum membangun sebuah website dan harus dikonfigurasi sehingga nama domain anda tertuju pada hosting anda agar website anda bisa diakses dari nama domain.

8. Shared Hosting

Shared Hosting merupakan layanan hosting dimana satu server akan di share penggunaannya ke banyak pengguna dengan satu alamat IP, shared hosting merupakan layanan web hosting dengan harga paling ekonomis.

9. VPS

VPS adalah kepanjangan dari Virtual Private Server dimana anda sebagai webmaster bisa menyewa server sendiri dengan bentuk virtual, biasanya satu server fisik akan dibagi secara virtual ke beberapa user dengan alamat IP masing-masing. (menggunakan pool IP).

25 Istilah Webmaster

10. Private Server / Dedicated Server

Dedicated Server / Private Server adalah sebuah server fisik yang disediakan oleh penyedia hosting yang khusus diperuntukkan untuk satu pengguna, Dedicated Server merupakan layanan hosting paling mahal dibandingkan VPS.

11. Alamat IP

Alamat IP adalah kombinasi angka binari (biner) untuk menunjukkan identitas sebuah device, sebagaimana komputer, handphone, tablet dan device apa saja yang terhubung dengan internet memiliki alamat IP sendiri, demikian juga dengan server. contoh alamat IP: 176.205.79.144.

Baca Juga: Classic Editor WordPress

12. Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah transfer dari dan ke server anda yang dihitung dalam satuan kb (Kilobyte) atau jika bandwidth anda besar akan dihitung dengan Megebyte, Gigabyte bahkan Terrabyte, masing-masing hosting akan menentukan jatah maksimum Bandwidth pada masing-masing penggunanya.

13. Storage

Kapasitas penyimpanan data pada server yang anda miliki, Storage ini sama dengan Hard Disk pada komputer, masing-masing hosting juga akan memberikan batas maksimum Storage untuk masing-masing penggunanya.

14. SSD

SSD kepanjangan dari Solid State Drive, sebuah media penyimpanan non-volatile flash memory yang digunakan sebagai pengganti dari Hard Disk, SSD memiliki performa lebih bagus dibandingkan Hard Disk dalam hal kecepatan.

15. RAM

RAM adalah kepanjangan dari Random Access Memory, salah satu dari type memory yang bisa diakses secara random (acak), dengan RAM komputer atau server akan berjalan lebih cepat dibandingkan hanya mengandalkan memory saja.

16. LAMP / LEMP

LAMP adalah singkatan dari Linux, Apache, Mysql and PHP sebuah platform open source dimana Linux sebagai operating systemnya, Apache sebagai web server, Mysql sebagai database server, dan PHP sebagai programing Language (terkadang Pearl atau Pyton menggantikan fungsi PHP).

LEMP adalah salah satu variasi dari LAMP dimana Apache digantikan oleh Nginx, baik LAMP maupun LEMP adalah sayarat sebuah server untuk bisa menjalanwan tugas sebagai web server seingga anda bisa membangun website pada server tersebut.

17. Restart, Shutdown, Rebuild

Istilah-istilah ini biasanya dipakai untuk VPS keatas, user pada shared hosting tidak bisa melakukan ketiga kegiatan tersebut.

Restart adalah start ulang server anda, sama halnya ketika anda restart komputer anda dirumah, demikian pula Shutdown yaitu mematikan server anda, sedangkan Rebuild adalah membangun ulang server dari awal, dari mulai memilih Operating Server.

18. Server Geolocation

Server Geolocation adalah letak geografis sebuah server dimana hal ini merupakan pertimbangan dalam memilih server sesuai target pengunjung.

Istilah Yang Berkaitan Dengan Optimasi

19. SEO

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization, sebuah tekhnik atau cara mengoptimalkan halaman website anda agar lebih disukai oleh Search Engine sehingga akan mudah diranking oleh Search Engine.

20. Cache

Cache adalah duplikasi data pada halaman website yang tersimpan pada sebuah perangkat yang digunakan untuk meminimalisir permintaan loading halaman aslinya, pada website, cache ini berfungsi untuk mengurangi penggunaan resource dan mempercepat loading halaman website.

21. Ping

Ping adalah suatu kegiatan untuk memberitahukan website lain atau Search Engine tentang keberadaan sebuah halaman website, dengan melakukan ping ke Search Engine anda telah memberitahu Search Engine bahwa anda memiliki halaman baru atau melakukan pembaruan pada halaman lama.

22. Page Speed

Page speed adalah ukuran seberapa cepat konten di halaman Anda dimuat, biasanya diukur dalam satuan Second (detik), Google Pagespeed Insight adalah salah satu tool untuk mengukur Page Speed website anda.

23. CDN

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network, CDN mengacu pada sekelompok server yang didistribusikan secara geografis yang bekerja sama untuk menyediakan pengiriman konten Internet yang cepat.

24. SSL

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer dimana SSL ini berfungsi untuk mengamankan transfer data yang sensitif dari dan ke pengunjung website, SSL ini membangun kepercayaan dari pengunjung terhadap website anda.

25. Backlink

Backlink adalah link balik dari website lain yang mengarah ke website anda, backlink bermanfaat sebagai referensi  dari website lain sehingga akan bermanfaat pula untuk menaikkan rating halaman website anda di mesin pencari.

Kesimpulan

Itulah 25 Istilah yang webmaster harus ketahui, diluar sana masih banyak istilah-istilah lainnya yang belum penulis sebutkan pada halaman ini, seiring dengan pengalaman anda sebagai webmaster, pasti akan menambah istilah-istilah lainnya dikemudian hari.