Mengenal HTML dan CSS

Sebelum kita memberikan contoh syntax HTML dan CSS, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu HTML dan CSS yang mana keduanya merupakan komponen coding yang penting untuk membangun sebuah website.

Pengertian HTML

HTML (Hypertext Markup Language) sebagaimana dijelaskan dalam laman wikipedia adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

HTML terdiri dari serangkaian kode pendek yang diketik ke dalam file-teks oleh webmaster yang kemudian disebut dengan sebutan tag. Teks ini kemudian disimpan sebagai file html, dan dilihat melalui browser, seperti Internet Explorer, Chrome, Firefox atau Opera. Browser ini membaca file dan menerjemahkan teks ke dalam bentuk yang terlihat, dengan harapan user bisa melihat tampilan halaman sebagaimana yang diinginkan oleh pemilik website. Untuk menulis HTML, anda memerlukan penggunaan tag dengan benar agar sesuai dengan tujuan penulisan.

Apakah Yang Dimaksud Tag Dalam HTML

Tag sebenarnya merupakan sebuah teks namun dalam HTML Pengertian Tag sendiri yaitu apa yang membedakan teks normal  dengan kode HTML. Mungkin anda pernah melihat sebuah teks yang diapit oleh kode tag <angle-brackets>. Tag-tag ini memungkinkan untuk menampilkan semua tampilan keren seperti gambar dan tabel dan barang-barang, hanya dengan memberitahu browser Anda apa yang harus ditampilkan pada halaman website anda. Tag yang berbeda akan melakukan fungsi yang berbeda. Tag sendiri tidak muncul ketika Anda melihat halaman Anda melalui browser, akan tetapi anda akan melihat efek dari tag tersebut terhadapa tampilan.

Contoh sederhana yaitu untuk menampilkan tulisan bold pada halaman website, anda akan menggunakan tag bolt <b>, seperti contoh berikut:

<b>Contoh Teks Bold</b> akan terlihat seperti Contoh Teks Bold

Pada contoh diatas teks Contoh Teks Bold di apit oleh tag <b> dimana tag ini selalu diawali dengan <tag> dan diakhiri dengan </tag>

Pengertian CSS

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets, CSS menjelaskan bagaimana elemen HTML ditampilkan pada layar browser, kertas, atau di media lain,  CSS ini dapat menghemat banyak pekerjaan dengan mengontrol tata letak beberapa halaman web sekaligus, sementara itu Stylesheet eksternal disimpan dalam file CSS.

Syntax HTML & CSS

Contoh Syntax HTML

Setelah anda memahami apa itu HTML dan fungsinya, berikut kami berikan contoh syntax HTML sebagai informasi seperti apakah sebenarnya HTML itu.


<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
  <meta charset="utf-8">
  <title></title>
  <link rel="stylesheet" href="css/style.css">
</head>
<body>
  <header></header>
  <div role="main"></div>
  <footer></footer>
  <script src="js/script.js">
</body>
</html>

Contoh Syntax CSS

Setelah anda memahami apa itu CSS dan fungsinya, berikut kami berikan contoh syntax CSS sebagai informasi seperti apakah sebenarnya CSS itu.


body {
  margin: 0;
  font-family: "Helvetica Neue", Helvetica, Arial, sans-serif;
  font-size: 13px;
  line-height: 18px;
  color: #333333;
  background-color: #ffffff;
}

a {
  color: #0088cc;
  text-decoration: none;
}